Home More Kesehatan 5 Fakta dari Mitos yang Masih banyak dipercaya Masyarakat

5 Fakta dari Mitos yang Masih banyak dipercaya Masyarakat

(Last Updated On: February 9, 2019)

5 Fakta dari Mitos yang Masih banyak dipercaya Masyarakat Bicara mengenai mitos memang sudah tak hayal seringkali menjadi kepercayaan yang akhirnya menjadi keyakinan yang dianggap benar adanya oleh sebagian masyarakat. Terutama jika mitos itu menyangkut  mengenai kesehatan dan gaya hidup kita.

Begitu pula dengan mitos-mitos yang sering kita dengar seputar makanan. misalnya saja, makan coklat dapat membuat jerawatan , fakta yang sebenernya adalah tingginya konsumsi kadar gula dan lemak  adalah satu hal yang menyebabkan produksi minyak dikulit meningkat sehingga mudah berjerawat . sementara, lemak dan gula tak hanya terdapat pada coklat  , jadi sah sah saja mengonsumsi cokelat , selama masih dalam batas wajar dan tidak berlebihan yaah man teman hehew…

Untuk lebih jelasnya mari lihat selengkapnya mengenai mitos vs fakta yang wajib kita ketahui supaya tidak salah mengartikan lagi ya 

Mitos dan Fakta yang pertama terlalu banyak makan telur ayam bikin bisulan

\5 Fakta dari Mitos yang Masih banyak dipercaya Masyarakat

Faktanya , telur adalah salah satu sumber lemak dan protein yang baik untuk anak. Namun, memang memiliki potensi untuk menyebabkan alergi terutama bagi anak usia 0-5 tahun. Lambat laun alergi makanan biasanya hilang.

Anak yang menderita eczema , biasanya alergi pada telur dan dampaknya adalah bengkak dan gatal , bahkan infeksi . bisul, biasanya disebabkan infeksi bakteri . bila tidak alergi, mengonsumsi telur pun jangan berlebihan karena akan menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi . cukup dua butir sehari.

Mitos dan fakta kedua sarapan pagi bikin gemuk

\5 Fakta dari Mitos yang Masih banyak dipercaya Masyarakat

Faktanya , sarapan justru membantu tubuh untuk mencegah makan dengan porsi banyak disiang hari. Kalau kita melewatkan  sarapan, biasanya siang hari kita akan lebih banyak mengkonsumsi dalam jumlah besar karena merasa kelaparan sehingga  hasrat makan kita juga lebih besar setelah sehari tidak makan, justru kondisi inilah yang membuat gemuk . nah jadi jangan melewatkan sarapan ya

BACA JUGA:  7 Manfaat & Khasiat Buah Bit yang Jarang Diketahui

Mitos dan fakta ketiga sering melakukan scrub pada muka , maka akan membuat muka lebih licin

\5 Fakta dari Mitos yang Masih banyak dipercaya Masyarakat

Scrub untuk wajah mempunyai beberapa manfaat , yaitu mengurangi produksi minyak berlebih dengan mengangkat sel sel kulit mati , membuat kulit tampak sehat dan bersih , bercahaya dan dapat memperbaiki sirkulasi darah memperbarui sel sel kulit , serta mengencangkan wajah dan mencegah penuaan dini.

Namun faktanya terlalu sering menscrub muka juga tidak baik loh, alasanya muka yang terlalu sering di scrub akan menjadikan kulit muka lebih tipis , sehingga dapat menyebabkan luka dan menjadikan kulit muka semakin sensitif, jadi baiknya lakukan scrub setiap dua minggu sekali sesuai dengan siklus pergantian kulit dan kondisi wajah , terutama untuk kulit normal, berminyak dan berjerawat.

Mitos dan fakta keempat minum air es saat haid dapat membuat haid tidak lancar , karena dapat membuat darah membeku

\5 Fakta dari Mitos yang Masih banyak dipercaya Masyarakat

Faktanya air dingin tidak memiliki efek apapun saat menstruasi , terutama efek menghambat aliran darah . Selain itu air dingin masuk dari saluran cerna , sementara darah haid dari tempat lain.

BACA JUGA:  6 Manfaat dan Khasiat Buah Melon : Mencegah Stroke

So minum air dingin dapat menghambat haid itu mitos ya , jadi sah sah saja untuk minum air dingin saat haid.

Mitos dan fakta kelima makan brutu ayam dapat menyebabkan lupa

\5 Fakta dari Mitos yang Masih banyak dipercaya Masyarakat

Faktanya brutu atau pantat ayam  merupakan salah satu golongan makanan yang tidak dianjurkan untuk dimakan , mengapa demikian ? karena tahukan anda bahwa memakan pantat ayam sacara terus menerus atau berlebihan dapat menyebabkan kanker pencernaan dan kanker hati .

itu terjadi karna didalam pantat ayam terdapat hormone dan tempat berkumpulnya kelenjar getah bening . nah karena kedua fakta ini muncul mitos-mitos yang sering kita dengar mengenai larangan memakan pantat ayam yang ternyata masuk dalam pikiran logis di zaman modern ini. Perbedaannya hanya dari efek dan penyebab yang ditimbulkan jika mengkonsumsi pantat ayam.

Catatan Terkait Lainnya