Pengertian Fungsi, Jenis, dan Cara Kerja Valve di Industri

Pengertian Fungsi, Jenis, dan Cara Kerja Valve di Industri  – Dalam suata industri kimia tentu mempunyai system perpipaan yang berfungsi sebagai tempat mengalir fluida. Setiap rangkaian pipa pasti mempunyai alat untuk mengatur jumlah aliran agar proses pengolahan dapat sesuai dengan yang ditentukan. Alat tersebut adalah valve atau sering disebut katup tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, contoh sederhanannya adalah kran air yang kita gunakan setiap hari.

Apa Fungsi  dari Valve?

Valve atau katup/kran adalah sebuah perangkat yang terpasang dalam sistem perpipaan yang berfungsi untuk mengatur, mengontrol dan mengarahkan laju aliran fluida dengan cara membuka, menutup atau menutup sebagian aliran fluida.

Valve dapat dioperasikan secara manual, baik dengan menggunakan pegangan (wheel), tuas pedal dan sebagainya. Selain dapat dioperasaikan secara manual, valve dapat juga dioperasikan secara otomatis dengan menggunakan prinsip perubahan aliran, tekanan dan suhu. Perubahan tersebut akan mempengaruhi diaphragm, pegas atau piston sehingga secara otomatis akan menggerakkan katup dengan system buka tutup.

BACA JUGA:  Tahapan pemeriksaan peralatan di pabrik oleh Inspector

Apa saja Jenis-Jenis Valve?

Terdapat berbagai macam jenis valve dengan karakteristik dan cara kerja masing masing .

Gate Valvegate-valve-compressor

Gate valve didesign untuk membuka dan menutup aliran dengan cara menutup rapat (full closed) dan membuka penuh (full open) sehingga valve ini tidak cocok untuk mengatur debit aliran karena kurang akurat dalam hal mengontrol aliran.

Globe Valveglove-valve-compressor

Glove  valve adalah valve yang memiliki arah gerak linier yang dirancang sebagai stopping ( menghentikan aliran, membuka aliran dan mengatur aliran . Glove valve bisa juga digunakan untuk throttling aliran.

Ball Valveball-valve-compressor

Ball Valve merupakan type quick opening  valve yang hanya memerlukan ¼ putaran dari full closed menuju full open.

Needle Valveneedle-valve-compressor

Jenis valve ini biasa nya digunakan untuk instrument, gage dan line meter service. Valve ini dapat digunakan untuk throttling dengan sangat akurat serta dapat juga digunakan pada tekanan tinggi dan temperature tinggi.

Diaphragm Valvediaphragm-valve-compressor

Valve ini memiliki kelebihan aliran yang tenang  dan  fluida mengalir tanpa hambatan , jenis valve ini sangat baik untuk flow control dan penutupan aliran yang sangat rapat walaupun di dalam pipe line terkandung suspended solid .   Diaphragm valve sangat cocok digunakan untuk fluida korosif , viscouse material, fibrous material , sludge , solid in suspention, gas dan udara bertekanan.

BACA JUGA:  Jenis-jenis Storage Tank yang banyak digunakan Industri

Butterfly Valvebutterfly-valve-compressor

Merupakan valve untuk tekanan rendah dengan design yang sangat sederhana yang digunakan untuk mengontrol dan mengatur  aliran , yang mana untuk full closed dan full open hanya diperlukan ¼ putaran.

Check Valvecheck-valve-compressor

Jenis valve ini untuk menahan aliran balik , check valve terdiri beberapa jenis , swing check valve, lift check valve dan ball check valve .

Pressure Relief Device valverelief-valve-compressor

Jenis valve ini digolongkan sebagai safety valve, digunakan untuk mencegah terjadinya over pressure pada system proses piping dan mencegah terjadinya kerusakan peralatan. Ada dua jenis safety valve yaitu Relief valve dan Pop valve, kedua jenis ini dapat membuka secara cepat.

Relief valve digunakan untuk membebaskan tekanan yang berlebih sedangkan Pop valve digunakan untuk membebaskan tekanan berlebih yang  bertekanan tinggi.

Pressure Reducing Valvereducing-valve-compressor

Fungsi utama dari valve ini adalah untuk menjaga agar tekanan didalam system perpipaan selalu  konstan dengan menurunkan tekanan dari sumber yang memiliki tekanan yang lebih tinggi.

Trap Valvetrap-valve-compressor

Fungsi dari trap valve membuang kondensate yang berasal dari perpipaan steam ( uap ) tanpa adanya steam yang ikut terbuang. Trap Valve mempunyai tiga jenis yaitu , foating Trap, bucket Trap dan inverted bucket Trap . Ukuran Trap disesuaikan dengan kapasitas discharge actual atau effective valve area bukan berdasarkan ukuran inlet  dan outlet sambungan pipa.

Best Deal

Catatan Terbaru Lainnya

Originally posted 2019-03-06 05:55:33.

Zach Allen Jersey 
Easton Stick Jersey