20+ Istilah Istilah Umum Pressure Vessel dan Pengertiannya

20+ Istilah Istilah Umum Pressure Vessel dan Pengertiannya– Pressure Vessel atau disebut bejana tekan adalah wadah tertutup  bertekanan yang dirancang untuk menampung cairan atau gas yang berbeda temperature nya dengan temperature lingkungan nya.

Industri yang Menggunakan Pressure Vessel

Bejana tekan digunakan untuk bermacam-macam aplikasi diberbagai sektor industri seperti  industri kimia (petrochemical plant), energy (power plant) , oil dan gas, nuklir, makanan, bahkan sampai pada peralatan rumah tangga seperti boiler pemanas air atau  pressure cooker.

Bagi seorang inspektor pemula , hal yang perlu diketahui adalah  harus mengetahui apa itu pressure vessel, bagian-bagian vessel, termasuk istilah apa saja yang dipakai dalam vessel , walaupun tidak semua terminology disebutkan di sini tapi paling tidak seorang inspektor mengetahui istilah-istilah yang umum digunakan.20+-Istilah-Istilah-Umum-Pressure-Vessel-dan-Pengertiannya-compressor

Pengertian Istilah Istilah  umum Pressure Vessel

  1. Anchor Bolt adalah bolt yang dipasang pada konkret pondasi guna mengokohkan kedudukan vessel agar tidak bergerak.
  2. Acces opening adalah bentuk lingkaran seperti lubang pada skirt vessel , yang memungkinkan operator masuk untuk melakukan monitoring kondisi bottom vessel.
  3. Base Plate adalah bagian dasar dari vessel yang letaknya paling bawah dan bersentuhan langsung dengan pondasi.dan jatuh kebawah.
  4. Baffle adalah plat penahan aliran yang terdapat di dalam equipment vessel. Biasa nya baffle terletak setelah nozzle dengan tujuan agar aliran nozzle tidak langsung tersembur tapi tertahanbaffle-compressor
  5. Davit adalah alat yang berfungsi untuk mengangkut di vessel , biasanya diletakkan dengan sambungan socket yang nantinya dapat mengangkut blind flange. Kalau untuk coloum biasanya disebut davit yang berfungsi mengankat relief valve , tray dan internal part lain nya.davit-compressor
  6. Hinges adalah untuk mengangkat dan memindahkan blind flange yang merupakan penutup dari manhole. Fungsi hinges sama dengan davit , bentuk nya saja yang berbeda . Digunakan hanges dan davit karena blind cukup berat dan operator tidak akan mampu untuk mengangkatnya. Bedanya kalau hinges menggunakan mekanisme buka tutup , kalau davit di geser blind flange nya.
  7. Downcomer adalah plat kotak yang dibuat pada shell dan tray , biasa nya berada di dalam coloum. Ia berfungsi untuk menggiring fluida dan mencegah agar aliran uap tidak melewatinya.
  8. Flange adalah salah satu jenis sambungan yang menghubungkan vessel dengan pipa atau equipment lain nya . Flange ini merupakan bagian dari nozzle .
  9. Head adalah ujung penutup dari vessel
  10. Ladder dan cages adalah tangga beserta kurungannya (cages) ,cages berfungsi mencegah agar operator tidah jatuh dari tangga, disamping itu memiliki efek psikologis berupa keamanan bagi operator.
  11. Leg adalah pipa atau plat lain yang berfungsi untuk menyangga pada vertikal vessel, menggantikan fungsi skirt .
  12. Manhole, adalah ruang untuk acces operator, inspektor, maintenance untuk masuk ke dalam vessel untuk keperluan memeriksa atau memasang internal part .
  13. Nozzle adalah ruang keluar dan masuk yang fungsinya sama dengan Manhole
  14. Plateform adalah tempat dudukan atau pijakan yang berada di luar vessel
  15. Reinforcing pad adalah plate yang dibentuk seperti lekukan shell atau head yang akan dilas dengan nozzle yang berfungsi untuk memperkuat nozzle.
  16. Saddle adalah seperi hal nya kaki manusia, ia merupakan penyangga dari vessel yang terbuat dari plat.
  17. Shell adalah sisi melingkar dari vesel atau tanki
  18. Sleve opening adalah lubang yang dibuat pada skirt yang memungkinkan agar pipa yang melewati skirt dapat keluar, mirip dengan acces opening bedanya ini untuk pipa bukan orang.
  19. Skirt adalah penyangga yang sama dengan saddle hanya bedanya untuk skirt penyangga vertical vessel, yang bentuknya seperti rok karena menyelubungi vessel.
  20. Skirt Vent adalah lubang kecil pada skirt untuk menghindari terakumulasinya nya gas yang berbahaya di dalam skirt.
  21. Tray, adalah bagian dalam vessel, fungsinya untuk menahan fluida yang masuk kedalam vessel agar fluida yang masuk dari nozzle tidak langsung jatuh kebawah. Tray ini memungkinkan untuk dilewati gas agar naik ke atas sedangkan fluida cair akan tetap tertahan. Dan biasanya tray dibuat bertingkat .
  22. Vortex Breaker adalah alat yang berada didalam vessel ynag fungsinya untuk memecah pusaran guna mencegah kavitasi.vessel-compressor
  23. Weir Plate adalah pemisah pada horizontal vessel pada keluaran vessel biasanya dibagian bawah yang berfungsi untuk memisahkan oli dan water agar tidak tercampur .
BACA JUGA:  Alur Kerja Teknik Inspeksi saat Kondisi Pabrik onstream dan offstream

 

Cari Catatan Disini

Best Deal

Catatan Terbaru Lainnya

Pengertian,-Fungsi,-Reaksi-Pimary-Reformer-dan-Secondary-Reformer-compressor

Originally posted 2019-03-06 06:11:33.

Zach Allen Jersey 
Easton Stick Jersey