Apa itu Fitting dan Jenis Fitting yang digunakan Di Industri

Apa itu Fitting dan Jenis Fitting yang digunakan Di Industri – Yang dimaksud dengan Fitting adalah salah satu komponen perpipaan yang  berfungsi untuk merubah aliran, menyebarkan aliran, meperkecil atau memperbesar aliran. Fitting merupakan komponen penting dalam sistem perpipaan  di dalam dunia industri.

Fitting bukanlah nama individu , melainkan nama yang digunakan untuk mengelompokan. Karena didalam Fitting sendiri terdapat berbagai macam kelompok lain pemipaan .

 Jenis-jenis Fitting yang sering digunakan di dunia industri :

Elbow

Gambar-6.1 Dimensional Elbow
Gambar-6.1 Dimensional Elbow

Elbow adalah jenis Fitting yang pertama, elbow merupakan komponen system perpipaan yang berfungsi untuk membelokkan arah aliran. Elbow memiliki dua jenis sudut aliran, sudut 45 derajat dan 90 derajat .

BACA JUGA:  Pengertian, Fungsi, dan Jenis Klasifikasi Heat Exchanger

Dipasaran elbow mempunyai dua type, Short radius dan Long radius. Namun umumnya kebanyakan yang digunakan adalah Long radius yaitu yang memiliki diameter belokan 1,5 x NPS .

Elbow pada umumnya mempunyai ukuran diameter masukan dan pengeluaran yang sama ,  walaupun ada juga yang mempunyai ukuran yang berbeda, yang kita sebut dengan Reducing Elbow .

Tee

Gambar-6.2 Straight dan Reducing Tees
Gambar-6.2 Straight dan Reducing Tees

Tee adalah koneksi fitting yang mempunyai cabang yang berfungsii untuk membagi arah aliran.

Biasanya cabang ini ukuran nya sama dengan ukuran pipa utamanya disebut Straight Tee sedangkan kalau berbeda di sebut Reducing Tee.

Reducer

Gambar-6.3 Reducer
Gambar-6.3 Reducer

Reducer berfungsi untuk mereduce (mengurangi) aliran fluida, atau menggabungkan dari ukuran diameter yang lebih besar ke ukuran yang lebih kecil. 

Dalam reducer ini kita akan mengenal dua jenis reducer yaitu Concentric Reducer dan Eccentric Reducer, keduanya mempunyai peran yang berbeda

BACA JUGA:  Pengertian, Fungsi, Reaksi Pimary Reformer dan Secondary Reformer

Stub In

Gambar-6.4 Stub In
Gambar-6.4 Stub In

Stub In adalah jenis Fitting yang fungsinya sama dengan Tee, yaitu membagi aliran. Beda nya dengan Tee, kalau Tee item yang terpisah, ia menggabungkan beberapa pipa. Namun Kalau Stub In, percabangan langsung dari pipa utama nya yang fungsinya menggantikan Reducer Tee.

Cap

Gambar-6.5 Cap
Gambar-6.5 Cap

Cap fitting berfungsi untuk menghentikan aliran pada ujung pipa. Fitting ini dilas langsung pada ujung  pipa utama.

 

 

Cari Catatan Disini

Best Deal

Catatan Terbaru Lainnya

Pengetahuan-dasar-Seputar-Piping-untuk-Inspector-compressor

Pengetahuan dasar Seputar Piping untuk Inspector

Pengetahuan dasar Seputar Piping untuk Inspector - Piping/Pipa adalah sebuah saluran tertutup yang digunakan sebagai sarana pengaliran atau transportsai fluida...

Originally posted 2019-03-05 05:52:26.