Jenis-jenis Storage Tank yang banyak digunakan Industri

Jenis-jenis Storage Tank yang banyak digunakan Industri – Storage Tank atau disebut juga Tangki Penampung memililiki peranan yang cukup penting dalam suatu proses industri kimia, karena tidak hanya berfungsi sebagai penyimpan bahan baku dan produk jadi tetapi juga menjaga kelancaran ketersedian produksi dan menjaga produk bahan baku dari terkontaminasi oleh lingkungan yang dapat menurunkn kualitas dari produk tersebut.

Pada umum nya bahan baku yang disimpan dalam storage tank adalah berupa liquid atau gas namun tidak tertutup kemungkinan juga dalam bentuk padat (solid).

Jenis-jenis Storage Tank yang banyak digunakan

Fixed Roof Tankroof-tank-compressor

Fixed Roof Tank adalah tangki silinder dengan kofigurasi atapnya bersatu dengan dinding shell nya . Dari bentuk nya roof nya dapat berbentuk cone (kerucut) atau dome (kubah)

BACA JUGA:  Pengertian, Fungsi, Jenis dan Type Flange Pipa Standard ANSI

Tanki yang digunakan untuk menimbun atau menyimpan berbagai macam jenis fluida dengan tekanan rendah atau amat rendah mendekati atmosferik atau dengan kata lain fluida yang tidak mudah menguap, namun pada literature yang lain Tanki jesid Fixed Cone Roof ini dapat menyimpan semua produk seperti crude oil, gasoline, benzene , fuel dan lain-lain termasuk produk atau bahan baku yang bersifat korosif, dan mudah terbakar. Sangat ekonomis bila digunakan untuk menyimpan fluida hingga  volume 2000 m3 , diameter bisa mencapai 300 ft dan tinggi 64 ft .

Floating Roof Tankfloating-tank-compressor

Floating Roof Tank adalah tangki jenis silinder yang mempunyai kontruksi yang berbeda dari Fixed Roof. Atap pada floating roof tidak menyatu dengan dinding shell. Roof ini dapat bergerak naik turun tergantung dari level fluida didalam nya. Floating ini akan berada diatas nya jika isi fluida didalamnya tinggi (hight)  dan akan berada  dibawah ketika level fluida didalamnya rendah (low).

BACA JUGA:  Pengertian, Fungsi, Reaksi Pimary Reformer dan Secondary Reformer

Spherical Tankspherical-tank-compressor

Spherical Tank ini disebut juga tangki bola karena bentuknya seperti bola.  Tangki ini digunaan untuk menyimpan Gas yang dicairkan seperti LPG, N2, O2 dan lain sebagainya dengan  tekanan sampai 75 psi dan volume tanki samapi 50,000 barrel .

Untuk menyimpan LPG dengan suhu -190 oC, tanki dibuat berdinding double (double Wall) di mana di antara kedua dinding tersebut diisi dengan isolasi seperti Polyurethan Foam dengan tekanan penyimpanan diatas 15 psi.

horizontal Tankhorizontal tank

Tanki yang dapat menyimpan bahan kimia yang memiliki tingkat penguapan rendah (low volatility) dan juga air dengan tekanan uap tidak melebihi 5 psi, diameter dari tanki dapat mencapai 12 feet (3,6 mtr) dengan panjang mencapai 60 feet (18,3 mtr)

Cari Catatan Disini

Best Deal

Catatan Terbaru Lainnya

Originally posted 2019-03-07 02:35:10.

Zach Allen Jersey 
Easton Stick Jersey