Home Islam doa doa Keutamaan doa sapu jadat dan makna artinya

Keutamaan doa sapu jadat dan makna artinya

(Last Updated On: February 10, 2019)

Hadist seputar doa sapu jagat

النَّارِ عَذَابَ وَقِنَا حَسَنَةً اْلأَخِرَةِ وَفِي حَسَنَةً الدُّنْيَا فِى أَتِنَا رَبَّنَا

RABBANAA AATINAA FIDDUN YAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.

Dari anas bin malik, beliau mengatakan ,

“ Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam adalah “ Ya Allah , berikanlah kepada kami kebaikan di dunia , berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari adzab Neraka’.”

(HR.Bukhari no.4522 dan Muslim no.2690)

Mungkin doa ini sudah tidak asing  bagi anda sudah sering mendengar bahkan mungkin sudah pada hafal betul dengan bacaan doa sapu jagad ini, apalagi bacaan doa ini banyak dituangkan dalam sebuah lirik lagu, sehingga makin  lebih mudah untuk menghafalkannya ya.

BACA JUGA:  Hadist Pilihan : Biasakan 2 Hal ini untuk disediakan Tempat di Surga

Doa sapu jagad merupakan doa yang pendek namun banyak makna yang tersirat dalam setiap ayat ayatnya . Dan ternyata Rasulullah SAW sangat menyukai doa-doa yang singkat tetapi sangat bermakna, sehingga wajar saja jika doa sapu jagad adalah doa yang lebih sering diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Keutamaan doa sapu jadad dan makna artinya

  • Dianjurkan untuk merutinkan doa ini karena lafadznya begitu ringkas, namun mengandung permintaan kebaikan dunia dan akhirat.
  • Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam paling sering membaca doa ini karena doanya sungguh penuh makna yaitu mencangkup tiga hal :[1] meminta kenikmatan di dunia,[2] meminta kenikmatan di akhirat,serta [3]agar terbebas dari api neraka. Semoga Allah menganugerahkan kita tiga hal ini.
  • Permintaan kebaikan di dunia yang dimaksudkan dalam doa ini mencangkup nikmat sehat,rumah yang lapang, istri yang penuh dengan kebaikan , rizki yang luas,ilmu yang bermanfaat , amal sholih, kendaraan yang menyenangkan , pujian yang baik serta kebaikan-kebaikan lainnya dengan berbagai ungkapan dari pakar tafsir. Masya allah …luar biasa cakupan doa sapu jagad ini. Sampai -sampai meminta istri yang sholihah pun sudah tercakup di dalamnya.
  • Adapaun kebaikan diakhirat yang diminta dalam doa ini tentu saja lebih tinggi dari kebaikan di dunia yaitu dimasukkannya ke dalam surga, dibebaskan dari rasa khawatir (takut) dan diberi kemudahan dalam hisab ( perhitungan amalan) di akhirat.
  • Adapun permintaan diselamatkan dari siksa neraka mengandung permintaan agar kita dibebaskan dari berbagai sebab yang menjerumuskan ke dalam neraka yaitu dijauhkan dari berbagai perbuatan yang haram. Inilah penjelasan ibnu katsir rahmahullah yang kami sarikan dari kitab tafsirnya ketika menjelaskan surat al-baqarah ayat 201.; begitu luar biasa dan ampuhnya doa sapu jagad ini, begitu ringkas namun makna yang terkandung begitu mendalam. Itulah doa yang seharusnya bisa kita rutinkan.