6 Khasiat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

6 Khasiat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit – Buah adalah sumber nutrisi yang wajib terpenuhi untuk tubuh. Sumber vitaminnya menjadi salah satu komponen wajib di 4 sehat 5 sempurna. Salah satu buah yang berhasil tumbuh subur di tanah pertiwi ini adalah alpukat. Meski buah yang satu ini bukan berasal dari Indonesia, tetapi tanaman ini berhasil tumbuh subur di Indonesia.

Buah alpukat memilki warna kulit hijau tua hingga coklat keunguan dengan tekstur kulit yang tidak rata. Daging buahnya lembut berwarna hijau sering dimakan bersama es serut, menjadi campuran bahan makanan hingga dijadikan juice. Khasiat buah alpukat sendiri tak kalah dari rasa enak dari buah yang satu ini.

Alpukat kaya akan 11 vitamin dan 14 mineral yang baik untuk kesehatan tubuh, protein dan vitamin mulai dari B2 hingga vitamin C membuat buah ini sangat banyak dikonsumsi oleh manusia di penjuru dunia dengan berbagai macam olahan. Dan berikut ini adalah ulasan mengenai khasiat buah alpukat untuk tubuh manusia.

Table of Contents

Menurunkan kadar kolesterol

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di luar negeri, kadar kolesterol bisa ditekan dengan kadar mineral dan vitamin yang terkandung pada buah alpukat. Uji coba yang dilakukan oleh 45 orang sukarelawan yang memiliki kadar kolesterol tinggi mengalami penurunan hingga 17 % saat mengkonsumsi banyak buah alpukat dalam seminggu.

Menjaga kesehatan jantung

Sebagai salah satu komponen terpenting dalam tubuh, kesehatan jantung tentunya menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Dalam satu cangkir alpukat mengandung 23 % asam folate yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan glutathione, lemak tidak jenuh dan juga Vitamin E yang terkandung dalam alpukat juga sangat membantu menjaga kesehatan jantung anda.

Kontrol gula darah

Kandungan manis alami yang dimiliki alpukat dan kandungan lemak tidak jenuh yang terdapat dalam buah yang satu ini mampu menekan dan mengontrol gula darah dalam tubuh. Selain itu, kandungan tersebut juga mampu membantu tubuh mengatasi resistensi insulin.

Kaya khasiat untuk ibu hamil

Kandungan zat dan vitamin yang dimiliki oleh alpukat sangat baik untuk kesehatan kulit sang ibu yang seringkali berubah menjadi sensitive karena perubahan hormone. Kandungan yang terdapat pada alpukat juga bermanfaat mencegah penuaan dini dan pembentukan jaringan kolagen. Selain itu juga, alpukat mampu mencegah penyakit spina bifida atau keluarnya jaringan dari tulang sumsum belakang dari punggung yang mungkin akan terjadi pada bayi.

BACA JUGA:  7 Manfaat & Khasiat Buah Bit yang Jarang Diketahui

Mengurangi keriput pada kulit

Seperti yang sudah dibahas diatas, kandungan antioksidan dan asam amino yang dimiliki oleh alpukat ternyata sering digunakan oleh berbagai produk kecantikan untuk mengurangi keriput dan penuaan dini yang kerap kali terjadi pada kulit.

Perawatan kulit dan rambut

Alpukat memilki banyak kandungan yang kerap kali dijadikan bahan alat kecantikan. Mulai dari lotion hingga shampoo banyak yang menggunakan buah yang satu ini, karena kaya akan antioksidan, asam amino dan vitamin A dan E yang sangat baik untuk mencegah penuaan dini, melindungi diri dari sinar UVA dan juga untuk mengangkat sel kulit mati. Tak heran banyak juga yang menggunakan buah ini sebagai lotion, facial wash hingga lulur.

Rasanya yang enak ternyata tak mengurangi khasiat buah alpukat yang ternyata sangat banyak dan baik untuk tubuh. Baik untuk ibu hamil hingga untuk perawatan kulit. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Cari Catatan Disini

Best Deal

Catatan Terbaru Lainnya

Originally posted 2018-03-21 08:15:45.

Zach Allen Jersey 
Easton Stick Jersey