6 Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu : Obat Asam Urat


6 Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu : Obat Asam Urat – Buah mengkudu umumnya memang kurang disukai oleh orang-orang karena rasanya yang cenderung pahit dan kurang enak untuk disantap. Mengkudu sendiri kerap kali dijadikan jamu karena memiliki banyak sekali khasiat yang baik untuk tubuh.

Tetapi perlu diketahui, dari 80 jenis mengkudu yang ada di dunia, hanya ada 20 yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Sisanya mengandung racun. Tetapi tetap saja tidak bisa dipungkiri bahwa khasiat buah mengkudu sangat baik untuk tubuh. Ada juga peneliti yang mengkhususkan untuk meneliti buah yang satu ini sebagai obat untuk kanker.

Mengkudu memiliki banyak sekali kandungan yang terdapat didalamnya yang sangat baik untuk tubuh. Diantaranya adalah zat tarpenoid, protein, mineral, vitamin dan berbagai senyawa yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dan berikut ini akan dibahas mengenai khasiat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak

1Buah yang dapat Menghilangkan kuman dan bakteri

Buah mengkudu ternyata termasuk ke salah satu buah yang emmeiliki senyawa anti bakteri. Senyawa yang ada pada buah mengkudu adalah senyawa antrakunion dan terpana yang memiliki sifat anti bacterial. Senyawa ini membuat kuman dan bakteri akan terhindar dan menghilang dari tubuh anda. dan dengan menghilangnya bakteri dan kuman terntunya tuuh anda akan lebih sehat dan jauh dari penyakit.

2Buah yang BerKhasiat untuk Mengobati asam urat

Buah yang memiliki rasa pahit ini juga memiliki senyawa iridoid yang tinggi yang akan menurunkan kadar asam urat yang ada pada tubuh. Kandungan tersebut juga akan mengurangi rasa sakit dan nyeri yang dibuat oleh penumpukan asam urat. Penumpukan asam urat sendiri juga menimbulkan gagal ginjal bahkan stroke.

3Buah yang Berkhasiat untuk Mengobati infeksi dalam maupun luar

Buah ini ternyata kaya akan senyawa yang sangat berguna untuk tubuh. Salah satunya adalah senyawa antiseptic. Senyawa ini akan mengatasi infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri atau kuman. Jika infeksi ada pada bagian dalam tubuh anda perlu mengkonsumsinya langsung dalam keadaan mentah. Tetapi jika yang anda alami adalah infeksi luar maka anda hanya perlu mengoleskan bagian halus buah tersebut langsung pada luka anda.

4Buah yang bermanfaat untuk Melancarkan system peredaran darah

Penyempitan pembuluh darah dalam jangka panjang akan membuat banyak penyakit berbahaya hinggap dalam tubuh. Banyak ahli yang menyebutkan bahwa zat scopoletin yang ada pada buah mengkudu sangat berkhasiat dalam memperlebar pembuluh darah dan memperlancar system peredaran darah anda nantinya.

Baca juga : 10 Manfaat dan khasiat Buah Belimbing untuk Tubuh

5Buah yang berguna untuk Menurunkan kolesterol

Kolesterol jahat pada tubuh seringkali membuat penyakit berbahaya lainnya muncul setelah kemucnulannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Pakistan pada tahun 2011, zat xeronine dan proxeronin yang ada pada buah mengkudu mampu membuat kadar kolesterol yang ada pada tubuh menurun. Cara untuk menurunkan kadar kolesterol dengan mengkudu adalah dengan meminum air rebusannya secara rutin dan teratur.

6Buah yang berkhasiat untuk Mencegah kanker

Ternyata senyawa anti oksidan yang ada pada mengkudu cukup tinggi dan sangat baik utnuk mencegah radikal bebas penyebab munculnya kanker. Senyawa bio aktif yang ada pada mengkudu juga sangat baik untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel dan juga bisa jadi penyebab kanker. Konsumsi rutin buah mengkudu dapat menghindarkan anda dari radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Nah, itu tadi khasiat buah mengkudu. Walaupun buahnya memiliki rasa yang tidak enak dan bentuk yang tidak menggoda. Tetapi, buah ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik utnuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.