bisnis fotocopy


Indonesia terus berbenah untuk menjadi negara maju. Semakin sadarnya masyarakat akan pentingnya pendidikan untuk kesuksesan anak maupun diri mereka sendiri membuat banyak bermunculan sekolah sekolah dan kampus kampus baru yang terus bertambah siswanya.

Kenyataan tersebut sangat prospek untuk kita manfaatkan untuk merintis usaha bisnis fotocopy dan printing disekitaran sekolah maupun kampus. Namun sebelum memutuskan untuk membuka usaha fotocopy tidak ada salahnya untuk membaca dulu berbagai langkah yang akan kita jalani untuk membuka usaha fotocopy dan printing.

 

Mempunyai Ilmu Dasar Fotocopy dan print

Untuk memulai bisnis usaha fotocopy dan print tentu kita harus tau dulu Bagaimana cara menggunakan mesin fotocopy, cara print document, cara menjilid minimal jilid biasa dengan lakban dan kertas mika atau bufallo.

Cara mendapatkan ilmunya adalah dengan Magang sebentar di toko jasa fotocopy yang sudah berdiri, kursus dengan teman atau pemilik fotocopy, meminta pelatihan dan pendampingan dengan toko yang menjadi pilihan kita untuk membeli mesin fotocopy kita, atau mencari pegawai yang memang sudah berpengalaman bekerja di toko fotocopy maupun printing.

Keuntungan mencari pegawai adalah kita akan memperoleh masukan bagaimana cara membuka bisnis fotocopy dan printing dari awal, memilih mesin yang tepat, dan lebih bagus lagi jika pegawai tersebut memiliki skill untuk memaintenance mesin fotocopy maupun printer sehingga mesin tetap terjaga dalam kondisi prima dan biaya service mesin tidak membengkak.

Mencari Inspirasi dari Usaha yang sudah sukses

Ya, sebaiknya kita keliling untuk melihat usaha usaha fotocopy yang sudah punya nama dan sukses di kota kita. Sehingga kita dapat mengamati bagaimana desain interior mereka, mesin mesin yang mereka gunakan, pelayanan mereka kepada pelanggan, teknik teknik promosi yang mereka lakukan,dll

Amati, Tiru sebagian, dan sebagian lagi kita tambahkan ke rencana toko kita yang menurut kita mereka belum ada, belum melakukannya, atau masih kurang maksimal mereka laksanakan.

Mensurvey Harga Mesin fotocopy dan Printer

mesin fotokopiSurvey lah Mesin fotocopy dan printer yang cocok untuk kita gunakan di awal merintis usaha. Gunakan google untuk mencari berbagai jenis mesin fotocopy dan printer yang awet, harga sesuai, dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Tentukan juga apakah kita akan membeli baru atau membeli bekas atau bahkan menyewa mesin untuk merintis usaha. Pertimbangkan harga, kapasitas, garansi, ketersediaan spare part di kota anda.

Mesin fotocopy secara garis besar ada 2 macam yang di gunakan untuk merintis usaha bisnis fotocopy yaitu mesin analog dan mesin digital. Jangan ragu untuk meminta bantuan kepada teman atau kerabat yang mengerti tentang mesin fotocopy. Cek dengan benar kinerja mesin yang akan kita beli dan tanyakan berapa lama garansi yang di berikan.

Mencari Lokasi yang Strategis dan Sesuai dengan Budget

Langkah mencari lokasi sangat penting karena sekali salah maka dipastikan bukan untung yang kita dapat. Cari lah lokasi lokasi strategis, seperti depan jalan umu, dekat kampus dan sekolah, dekat perkantoran dan pasar, dekat perumahan, depan jalan umum yang ramai pejalan kaki.

Anda juga bisa memilih lokasi di dalam sebuah kampus, perusahaaan, atau perpustakaan dengan resiko jam buka operasional mengikuti kebijakan tempat tersebut dan konsumen umum dari luar susah dan tidak dapat memasuki lokasi usaha bisnis fotocopy dan print kita.

Membeli perlengkapan dan persediaan Toko

Setelah mendapatkan tempat mulai lah kita untuk mencari perlengkapan untuk bisa memulai bisnis fotocopy, seperti etalase, gunting, kertas, lakban, tinta, meja kursi, pemotong kertas, steples kecil, sedang maupun besar.

Mencari berbagai Produk ATK yang ingin kita jual sebagai diversifikasi produk yang kita tawarkan pada toko kita, beli lah sedikit terlebih dahulu selusin atau dua lusin, untuk melihat apa saja produk yang ramai dicari oleh konsumen di sekitar lokasi kita.

Mengatur desain dan interior di dalam toko

Setelah semua Mesin, perlengkapan dan produk tersedia untuk memulai usaha, mulailah untuk mengatur desain dan interior di dalam toko fotocopy kita. Usahakan memposisikan kita sebagai pengunjung dalam mencari ide desain didalam ruangan toko kita.

Desain dan interior harus lah mengutamakan kenyamanan pelanggan agar nyaman saat mereka datang dan menunggu dokument mereka dikerjakan.

Menetukan Nama dan Membuat Banner/spanduk/neon Box

banner fotocopySebelum Soft Launching kita juga perlu menentukan sebuah nama untuk toko usaha kita sebagai branding usaha kita beserta dengan Banner/Spanduk/Neon Box agara konsumen dapat mengetahui keberadaan toko usaha kita. Tuangkan ide dan kreativitasmu untuk dapat membuat banner yang menarik perhatian masyarakat di sekitar lokasi tempat bisnis kita.

Buatlah Nama branding toko kita yang singkat, jelas, mudah di ingat, berkersan, atau unik dan menarik. Untuk desain Banner dan spanduk bisa kita meminta bantuan dan saran kepada tukang desain gambar banner kita dan melihat contoh contoh di google images sebagai inspirasi

Soft Launching Toko Fotocopy dan Printing Kita

Setelah Langkah Langkah diatas di kerjakan, maka kita sudah siap untuk membuka usaha kita. Berikan penawaran penawaran harga special saat pembukaan toko untuk memberikan sebuah kesan kepada konsumen.

Promosi Bisnis Usaha Fotocopy dan Printing

Awal awal buka jangan kaget jika ternyata sepi pengunjung, oleh sebab itu tindakan yang sangat penting kita lakukan adalah dengan mempromosikan tempat usaha fotocopy kita kepada teman, kerabat, perusahaan, masyarakat sekitar, sekolah, kampus, mahasiswa, guru maupun dosen.

Bisa dengan sering bergaul dan mengajak ngobrol calon calon konsumen kita, memberikan penawaran harga khusus untuk sekolah sekolah, kampus kampus, guru dan dosen jika mempercayakan pekerjaan berbagai macam dokument. Menawarkan juga ke Kerabat dan teman untuk mempercayakan pekerjaan untuk dokument kita. Promosi dari mulut ke mulut ini yang biasanya akan memberikan toko kita pelanggan yang setia dan tahan lama.

Bisa juga kita menggunakan Social media untuk menawarkan harga khusus kita. Membuat website profile company untuk toko kita, Menandakan lokasi toko kita di google maps. dll.

Teruslah berpikir berbagai ide dan kreativitas dalam hal promosi. Jangan malu dan ragu untuk menjalankan ide ide promosi yang sudah kita rencanakan karena langkah di bagian ini sangat penting untuk kelangsungan hidup usaha kita di awal merintis dan kelanjutan usaha kita di masa yang akan datang.

Sabar, Terus Menambah kenalan kenalan baru , menjaga kualitas hasil fotocopy dan printing kita dan berdoa maka akan sendirinya pelanggan pelanggan akan berdatangan selama kita memberikan kepuasan dan kepercayaan kepada pelanggan.

Pembukuan Keuangan

Pastikan anda memiliki dasar ilmu pembukuan minimal membuat Neraca dan laporan laba rugi. Catatlah semua pengeluaran kas , pendapatan kas yang masuk, semua pembelian bahan baku persediaan.

Jangan lupa untuk menghitung penyusutan aset dan mesin yang digunakan, serta melakukan perhitungan persediaan akhir di akhir bulan untuk membuat perhitungan HPP persediaan toko kita.

Jika kita memang serius untuk merintis bisnis maka dasar dasar akuntansi diatas adalah wajib di pelajari.

Pengembangan Usaha Fotocopy

Jika fotocopy sudah berjalan selama 5 bulan maka akan terlihat bagaimana prospek usaha kita kedepannya. Jika pemasukan fotocopy kita sudah menghasilkan untung yang stabil tiap bulan maka sudah waktunya kita untuk mempertimbangkan menambah lagi keragaman jasa dan produk yang kita jual.

Misal bisa dipertimbangkan untuk menjual minuman, pulsa, Menambah lagi barang barang ATK kita agar lebih banyak pilihan, dan lain lain

Usaha kita juga bisa kita pertimbangkan untuk di upgrade di masa yang akan datang menjadi usaha digital printing maupun percetakan.