5 Manfaat dan Khasiat Apel untuk Menjaga Kesehatan Tubuh


5 Manfaat dan Khasiat Apel untuk Menjaga Kesehatan Tubuh – Apel adalah buah yang sangat segar untuk dikonsumsi langsung ataupun untuk diolah terlebih dahulu. Buah ini kaya air dan rasanya yang manis tapi tidak terlalu manis membuat buah ini cocok untuk dimakan oleh semua orang dari semua usia.

Buah apel sendiri ini memiliki banyak jenis yang semuanya memiliki rasa yang enak. Mulai dari apel hijau, apel merah hingga apel malang memiliki citarasa khasnya masing-masing. Selain itu, tak hanya rasanya yang enak, buah yang satu ini juga memiliki banyak khasiat buah apel yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Buah apel kaya akan serat, mineral dan mampu menekan makanan berkalori tinggi membuat khasiat buah apel seimbang dengan rasanya yang juga enak. Dan tidak perlu diragukan lagi jika apel memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Dan berikut ini akan dibahas mengenai khasiat buah apel yang sangat untuk tubuh.

Membantu dalam Proses Diet

Sudah tidak dipungkiri lagi jika buah Apel sangat banyak dijadikan bahan untuk diet atau penurunan berat badan. Kandungan seratnya sangat tinggi akan membantu menekan rasa lapar dan menahan rasa kenyang lebih lama. Apel ini juga aman digunakan untuk diet, bahkan kandungannya sama baiknya dengan kandungan yang dimiliki oleh beras merah untuk diet.

Dapat Mencegah Kanker

Apel ternyata memiliki banyak manfaat untuk mencegah dan mengurangi kanker yang ada pada tubuh. Senyawa triterpenoids pada kulit apel telah diidentifiasi oleh universitas cornell dapar menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, liver dan kanker usus besar. Selain itu pada jurnal planta medica juga disebutan sejumlah zat pada apel yang ternyata mampu menekan berbagai aktivitas kanker pada tubuh.

 Mencegah terkena Penyakit Jantung coroner

Untuk anda yang sering memakan buah apel tanpa kulitnya, sebaiknya anda mulai mempertimbangkannya. Pasalnya kandungan yang dimiliki oleh kulit apel sangat banyak dan baik untuk tubuh. Fenolik adalah salah satu senyawa pada kulit apel yang uang ternnyata mampu menjegah kolesterol yang masuk dan memperkuat dinding arteri. Hal ini, dilakukan oleh senyawa apel membersihkan arteri yang mengalirkan darah ke jantung yang sering tersumbat dan menyebabkan penyakit jantung coroner.

Buah Alpukat juga bermanfaat untuk Kesehatan Jantung loh

Berkhasiat melancarkan Pencernaan

Sulit bab atau malah diare yang mungkin pernah anda alami ternyata mampu diatasi oleh salah satu serat yang ada pada apel. Walaupun kedua penyakit ini bertentangan tetapi kandungan serat yang tinggi pada apel akan meredakan penyakit ini. Serat akan menarik air keluar dari usus untuk melancarkan bab, serat ini juga mampu menyerap kelebihan air yang memungkinkan terjadinya diare. Selain itu juga, serat pada apel juga mampu mencegah wasir.

Menjaga Kesehatan Mulut dan gigi

Selain rasanya yang enak, ternyata apel juga kaya khasiat untuk kesehatan mulut dan gigi. Mengkonsumsi apel dengan mengunyahnya langsung akan membuat mulut memproduksi air liur yang digunakan untuk membersihkan mulut. Zat tannin yang terdapat pada apel juga mampu mengurangi dan membersihkan plak yang memungkinkan terjadinya kerusakan pada gigi dan gusi.

Ternyata tak hanya rasanya yang enak dan menyegarkan baik saat diolah terlebih dahulu ataupun dikonsumsi langsung, tetapi ternyata khasiat buah apel juga tak kalah unggul dengan rasanya. Khasietnya untuk diet juga sudah banyak dibuktikan oleh banyak orang, sehingga popularitas buah ini semakin terkenal di luar sana ataupun di Indonesia. Selain manfaat diatas, masih banyak juga manfaat lain yang terkandung pada buah apel ini. Semoga artikel ini bermanfaat.