10 Manfaat dan khasiat Buah Belimbing untuk Tubuh


10 Manfaat dan khasiat Buah Belimbing untuk Tubuh  – Belimbing adalah buah yang kaya air dan memiliki bentuk bintang yang lucu saat dipotong. Tak heran jika buah ini memiliki nama starfruit dalam bahasa inggris. Rasanya yang manis kerap kali dimakan langsung, dijadikan jus atau bahkan dijadikan bahan untuk rujak yang tentunya sangat segar saat dimakan dengan sambal rujak.

Tetapi, tak hanya rasanya yang enak dan bentuknya yang lucu. Ternyata khasiat buah belimbing tak kalah dengan penampilan dan rasanya. Dalam satu buah belimbing anda akan mendapatkan vitamin A, B1, C, zat besi, fosfor, kalsium, karbohidrat, protein, lemak dan kalori. Banyak sekali bukan?

Dan pada artikel kali ini akan dibahas mengenai Manfaat buah belimbing untuk tubuh manusia yang perlu ketahui pada buah ini. Check this out!

Penangkal kanker

Buah Belimbing adalah salah satu buah yang kaya akan anti oksidan yang sangat baik untuk pencegahan radikal bebas yang akan menyebabkan timbulnya kanker pada tubuh.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah Belimbing kaya akan serat yang fungsinya sangat baik untuk kesehatan organ pencernaan. Serat pada buah ini membantu organ pencernaan bekerja lebih maksimal sehingga melancarkan BAB.

Mencegah Jantung dan stroke

Kandungan yang sangat banyak yang dimiliki oleh buah Belimbing ternyata sangat baik untuk pencegahan penyakit stroke dan jantung.

Menurunkan berat badan

Ternyata buah Belimbing juga cukup bagus untuk diet atau menurunkan berat badan, 30 kalori terkandung dalam setiap buahnya akan menekan rasa lapar dan cocok untuk disediakan di menu makan harian anda.

Baca juga : Manfaat dan khasiat buah Apel untuk mengurangi berat badan

Mencegah rambut rontok

Beberapa produk shampoo kerap kali menggunakan belimbing sebagai bahan untuk pembuatannya. Kandungan antioksidan dan vitamin C pada belimbing akan menutrisi tiap helai rambut dan mencegah terjadinya kerontokan.

Menghilangkan Jerawat dan kulit berminyak

Ternyata buah ini juga memiliki kandungan zinc yang tinggi yang akan sangat baik untuk kesehatan kulit anda, dan menghilangkan jerawat serta minyak yang terdapat di wajah anda.

Meremajakan kulit

Kandungan vitamin a dan c yang ada pada buah kaya air ini akan membantu peremajaan kulit. Kandungan zinc dan anti oksidan yang terdapat pada buah ini juga sangat baik untuk perawatan kecantikan kulit anda.

Baca juga : Manfaat dan khasiat Buah Alpukat untuk meremajakan kulit  

Mengatasi tekanan darah tinggi

Kandungan sodium yang tinggi dalam tubuh dapat ditekan dengan adanya zat kalium. Kalium ini sendiri dapat anda dapatkan melalui belimbing. Buah ini ternyata memiliki kandungan mineral dan kalium yang tinggi dan bermanfaat untuk mengatasi darah tinggi.

Mencegah Gangguan ginjal

Sudah banyak penelitian dengan menggunakan buah ini, salah satunya di jepang. Ternyata asam oksalat dan kalium yang tinggi pada belimbing berguna untuk mencegah oksidasi negative penyebab terjadinya kerusakan ginjal, merawat nefron dan lain-lain.

Menjaga metabolism tubuh

Kandungan anti oksidan tinggi yang terdapat pada buah ini ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh dan juga vitamin c yang tak kalah penting untuk menjaga metabolism tubuh agar tetap sehat dan fit terhindar dari penyakit.

Itu tadi berbagai macam manfaat dari buah berbentuk bintang itu. Sangat banyak bukan? Khasiat buah belimbing memang sangat banyak dan baik untuk kesehatan sehingga sangat bagus jika ada di meja makanmu tiap hari. Semoga artikel ini bermanfaat.