7 Manfaat & Khasiat Buah Bit yang Jarang Diketahui


7 Manfaat & Khasiat Buah Bit yang Jarang Diketahui – Mungkin banyak orang yang sedikit awam atau kurang tahu mengenai buah bit. Buah bit adalah umbi dari akar tanaman bit atau memiliki nama lain beta vulgaris. Bentuknya bulat memiliki warna merah gelap keunguan. Daun dari buah ini kerap kali dijadikan sayur dalam sebuah masakan.

Buah bit memiliki karbohidrat tinggi tetapi lemak, protein dan kalorinya sangat rendah sehingga buah ini sangat cocok untuk diet. Tak hanya itu, khasiat buah bit yang beragam juga ditimbulkan oleh kandungan zat besi, mineral, nutrisi dan kandungan lainnya yang sangat baik untuk kesehatan.

Walaupun buah ini memiliki rasa yang kurang enak, tetapi nyatanya banyak yang mencari buah ini, karena khasiat buah bit yang sangat banyak seringkali dijadikan jus ataupun sayuran. Berikut ini adalah khasiat buah bit yang baik untuk tubuh. Yuk, simak!

Buah untuk Mengobati tumor dan kanker

Walaupun rasanya tidak enak cenderung pahit jika dikonsumsi langsung, tetapi buah Bit kaya akan anti oksidan yang sangat baik untuk mengobati tumor dan kanker yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Anti oksidan yang tinggi tersebut akan menghancurkan sel kanker dan tumor yang ada pada tubuh.

Baca juga : Manfaat buah belimbing untuk kanker

Buah untuk Membersihkan Ginjal dan empedu

Buah bit ternyata dapat digunakan untuk membersihkan ginjal dan kantung empedu. Kedua organ ini berfungsi untuk menetralisir racun yang ada pada tubuh dan menyaring darah tetap bersih. Buah bit akan membantu ginjal dan empedu dalam mengeluarkan racun yang bersarang pada tubuh.

Buah yang berkhasiat untuk Menstabilkan tekanan darah

Buah bit memiliki kandungan nitrat di dalamnya yang akan diubah nitrit yang akan membantu tubuh dalam merilekskan kerja ototnya. Saat kerja otot kembali rileks maka tekanan darah akan berada pada taraf normal dan stabil.

Baca juga : 5 Manfaat dan Khasiat Apel untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Buah yang dapat Mengurangi Peradangan

Buah ini memiliki kandungan kolin yang walaupun sedikit akan membantu mempertahankan sel dan mengurangi peradangan yang kronis. Kolin sendiri juga membantu manusia dalam pergerakan otot, penyimpanan memori dan tidur manusia.

Buah untuk Mengobati diabetes

Buah bit memiliki kandungan anti oksidan asam alpha lipoic yang mampu menurunkan kadar gula ataupun glukosa pada tubuh. Cara pengobatan dengan buah bit adalah dengan merangsang insulin dan mencegah proses oksidasi sel yang menimbulkan diabetes.

Buah yang bermanfaat bagi kesehatan otak dan mencegah pikun

Senyawa nitrat yang ada pada buah bit nanti akan dirubah menjadi nitrit. Nitrit akan memperlebar pembuluh darah sehingga pasokan darah dan oksigen yang mengalir ke otak akan lebih banyak dan lancar. Kondisi oksigen yang lancar ke otak akan membuat otak selalu dalam kondisi sehat dan terhindar dari pikun.

Buah yang dapat Meningkatkan metabolism tubuh

Kandungan vitamin c dan juga karbohidrat tinggi yang ada pada buah bit juga akan menjaga metabolism tubuh dan menjaga tubuh tetap sehat dan selalu berenergi jika dikonsumsi tiap hari dengan teratur.

Buah bit yang memiliki rasa yang tidak terlalu enak ternyata memiliki banyak sekali manfaat dan kesehatan yang sangat baik untuk tubuh. Konsumsi buah sendiri merupakan suatu kewajiban untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan gizi yang akan diperlukan oleh tubuh.

Setiap buah yang anda konsumsi tentunya akan memiliki khasiat dan manfaat yang bereda-beda. Dan itu tadi adalah khasiat buah bit yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat.