Tahapan pemeriksaan peralatan di pabrik oleh Inspector

Tahapan pemeriksaan peralatan di pabrik oleh Inspector – Pada saat pabrik beroperasi sering ditemukan masalah atau kerusakan pada salah satu peralatan seperti yang sering terjadi adalah kebocoran pada system perpipaan, exchanger, presuure vessel, tanki dan sebagainya.

Sebagai seorang Inspektor lapangan di tuntut untuk segera melakukan pemeriksaan secara detail pada area yang bermasalah dan segera membuat rekomendasi/notification untuk dilakukan  perbaikan .

Tahapan pemeriksaan  peralatan di pabrik secara umum

  1. Permintaan pemeriksaan dari Departemen Operasi/Candalhar
  2. Menuju ke lapangan dan minta Safety Permit kepada Departemen Operasi (di Control Room)
  3. Setelah mendapatkan safety permit, tinjau lokasi alat yang bermasalah di lapangan (jangan lupa menggunakan APD), dan bila lokasi alat berada di ketinggian gunakan body harness untuk menjangkau nya.
  4. Periksa dan identifikasi secara detail masalah yang ditemukan dengan methode visual inspeksi atau dengan peralatan NDT seperti penetrant test (PT) atau Magnetic Partical Testing (MPT) bila ditemukan indiksai crack pada peralatan.
  5. Setelah masalah sudah teridentifikasi selanjutnya buat rekomendasi untuk perbaikan (sesuai tahapan alur kerja Inspeksi )
BACA JUGA:  Pengertian, Fungsi, Jenis dan Type Flange Pipa Standard ANSI

Masalah yang sering ditemukan pada peralatan pabrik

  1. Corrosion/korosi
  2. Crack/retakan
  3. Dent/dekok
  4. Bending/bengkok
  5. Leak / bocor

Dari masalah-masalah yang sering timbul di atas, masalah korosi yang paling sangat berdampak terhadap  kerusakan  bahkan kecelakaan.

Korosi juga menjadi masalah ekonomi nasional Negara kita, karena menyangkut umur, penyusutan dan efesiensi pemakaian suatu bahan maupun peralatan dalam kegiatan industri. Menurut sumber dari Biro Klasifikasi Indonesia pada tahun 1997 mengatakan bahwa pada umumnya biaya pengendalian korosi di Indonesia berkisar antara 2 hingga 3,5 % dari GNP (Growth National Produk).

Biaya pengendalian korosi adalah semua biaya yang timbul untk menanggulangi korosi mulai dari design sampai dengan proses pemeliharaan.

Oleh karena itu perlunya Inspektor pemula mengetahui dasar-dasar terjadi korosi pada peralatan pabrik, agar supaya dapat melakukan preventive  dan penanggulangan awal terjadinya korosi sehingga dapat mencegah kerugian ekonomi yang besar bagi perusahaan.

Best Deal

Catatan Terbaru Lainnya

Jenis-jenis Storage Tank yang banyak digunakan Industri

Originally posted 2019-03-20 03:28:58.