Para Pengguna Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

Para Pengguna Laporan Keuangan Menurut Para Ahli – Tujuan paling utama dari akuntansi keuangan adalah Menyusun laporan keuangan yang ditujukan untuk umum maksudnya laporan keuangan yang disusun akuntan dapat digunakan oleh para pemangku kepentingan diluar perusajaan karena hanya dari pihak manajemen perusahaan sajalah yang dapat memberikan Laporan keuangan terbaru bagi yang mencari dan membutuhkannya.

Tujuan laporan Keuangan menurut ahlinya

Kasmir

Menurut Kasmir (2013:10: Analisis Laporan Keuangan: PT Raja Grafindo Persada.)

secara umum laporan keuangan bertujuan untuk memberikan informasi keuangan suatu perusahaan, baik pada saat tertentu maupun periode tertentu. Jelasnya adalah laporan keuangan mampu memberikan informasi keuangan kepada pihak dalam dan luar perusahaan yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan.

Ikatan Akuntansi Indonesia

Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia (2009:3: Standar Akuntansi Keuangan, PSAK No. 1 : Penyajian Laporan keuangan),

BACA JUGA:  Apa itu Akun Akuntansi dan Bentuk Format Akun

tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi

Purba

Menurut Purba (2010:27: International Financial Reporting Standards Konvergensidan Kendala Aplikasinya di Indonesia),

laporan keuangan disusun dengan tujuan untuk memberikan informasi terkait dengan posisi keuangan, kinerja dan perubahan posisi keuangan suatu entitas yang berguna untuk pengambilan keputusan para pemakainya. Keputusan yang diambil oleh para pemakai laporan keuangan sangat bervariasi, tergantung kepentingan mereka.

Informasi keuangan yang ada pada laporan keuangan harus memiliki karakteristik tertentu agar dapat memenuhi kebutuhn pemakainya. Karakteristik yang harus dipenuhi suatu informasi yang ada pada laporan keuangan ditetapkan dalam kerangka dasar penyusunan dan penyajin laporan keuangan atau IFRS Framework.

Fahmi

Sedangkan menurut Fahmi (2011:28 : Analisis Laporan Keuangan. Lampulo: ALFABETA),

tujuan utama dari laporan keuangan adalah memberikan informasi keuangan yang mencakup perubahan dari unsur-unsur laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak-pihak lain yang berkepentingan dalam menilai kinerja keuangan terhadap perusahaan di samping pihak manajemen perusahaan.

Para pengguna Laporan keuangan Perusahaan

Menurut Ikatan Akuntan Indonesia

  • Investor
  • Karyawan
  • Pemberi pinjaman
  • Pemasok dan kreditor usaha lainnya.
  • Pelanggan.
  • Pemerintah
  • Masyarakat.

Menurut Harahap (2009; 7-9 : Analisis kritis Laporan keuangan)

  • Pemilik Perusahaan
  • Manajemen Perusahaan
  • Investor
  • Kreditur atau Banker
  • Pemerintah dan Regulator
  • Analis, Akademis, dan Pusat Data Bisnis

Apa kegunaan informasi di dalam laporan keuangan untuk para penggunanya?

Kegunaan Laporan keuangan untuk Investor

Penanam modal beresiko dan penasehat mereka berkepentingan dengan resiko yang melekat serta hasil pengembangan dari investasi yang mereka lakukan. Mereka membutuhkan informasi untu membantu menentukan apakah harus membeli, menahan, atau menjual investasi tersebut. Pemegang saham juga tertarik pada informasi yang memungkinkan mereka untuk menilai kemampuan perusahaan untuk membayar deviden.

Kegunaan Laporan keuangan untuk Karyawan

Karyawan dan kelompok-kelompok yang mewakili mereka tertarik pada informasi mengenai stabilitas dan profitabilitas perusahaan. Mereka juga tertarik dengan informasi yang memungkinkan mereka untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memberikan balas jasa, manfaat pensiun, dan kesempatan kerja.

BACA JUGA:  Rumus Persamaan Dasar Akuntansi : Penjelasan Unsur Unsur Persamaan AKuntansi

Kegunaan Laporan keuangan untuk Pemberi pinjaman

Pemberi pinjaman tertarik dengan informasi keuangan yang memungkinka mereka untuk mengetahui apakah pinjaman serta bunganya dapat dibayar pada saat jatuh tempo

Kegunaan Laporan keuangan untuk Pemasok dan kreditor usaha lainnya

Pemasok dan kreditor usaha lainnya tertarik dengan informasi yang memungkinkan mereka untuk mengetahui apakah jumlah yang terhutang akan dapat dibayar pada saat jatuh tempo. Kreditor usaha berkepentingan dengan informasi mengenao kelangsungan hidup perusahaan, terutama kalau mereka terikat dalam perjanjian jangka panjang dengan atau tergantung pada perusahaan.

Kegunaan Laporan keuangan untuk Pelanggan

Para pelanggan berkepentingan dengan informasi mengenai kelangsungan hidup perusahaan, terutama kalau mereka terikat dalam perjanjian jangka panjang dengan, atau tergantung pada perusahaan.

Kegunaan Laporan keuangan untuk Pemerintah

Pemerintah dan berbagai lembaga yang ada dibawah kekuasaannya berkepentingan dengan alokasi sumber daya, dan karena itu berkepentingan dengan aktivitas perusahaan. Mereka juga membutuhkan informasi untuk mengatur aktivitas perusahaan, menetapkan kebijakan pajak, dan sebagai dasar untuk menyusun statistik pendapatan nasional dan statistik lainnya.

Kegunaan Laporan keuangan untuk Masyarakat

Perusahaan mempengaruhi anggota masyarakat dalam berbagai cara. Misalnya, perusahaan dapat memberikan kontribusi berarti pada perekonomian nasional, termasuk jumlah orang yang dipekerjakan dan perlindungan kepada penanam modal domestik.
Laporan keuangan dapat membantu masyarakat dengan menyediakan informasi kecenderungan (trend), dan perkembangan terakhir kemakmuran perusahaan serta rangkaian aktivitasnya.

Kegunaan Laporan keuangan untuk Pemilik Perusahaan

Menilai prestasi atau hasil yang diperoleh manajemen, Mengetahui hasil dividen yang akan diterima, Menilai posisi keuangn perusahaan dan pertumbuhannya, Mengetahui nilai saham dan laba per lembar saham, Sebagai dasar untuk memprediksi kondisi perusahaan di masa
datang, Sebagai dasar untuk mempertimbangkan menambah atau mengurangi investasi.

Kegunaan Laporan keuangan untuk Manajemen

Alat untuk mempertanggung jawabkan pengelolaan kepada pemilik, Mengukur tingkat biaya dari setiap kegiatan operasi perusahaan, divisi, bagian atau segmen tertentu, Mengukur tingkat efisiensi dan tingkat keuntungan perusahaan, divisi, bagian, atau segmen.

BACA JUGA:  Cara Mencatat Transaksi Ke Jurnal Penjualan dan Posting Ke buku Besar

Kegunaan Laporan keuangan untuk Analisi, Akademis, dan Pusat Data Bisnis

Bagi para analis, akademis, dan juga lembaga-lembaga pengumpulan dat bisnis seperti Pusat Data Bisnis Indonesia, Pemeringkat Efek Indonesia, laporan keuangan ini sebagai bahan atu sumber informasi primer yang akan diolah sehingga menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi analis, ilmu pengetahuan dan komoditi informasi.

Cari Catatan Disini

Best Deal

Catatan Terbaru Lainnya:

Originally posted 2018-03-27 02:16:36.

Zach Allen Jersey 
Easton Stick Jersey