Syarat, Peralatan dan Keterampilan yang dibutuhkan Inspector Pabrik

Syarat, Peralatan dan Keterampilan yang dibutuhkan Inspector Pabrik – Definisi Inspection atau inspkesi berasal dari bahasa inggris “ to inspect “ yang berarti periksa .

Apa Arti dan Tugas Seorang Inspector?

Dalam  perpective tugas seorang Inspector di industri pabrik, Inspeksi adalah memeriksa, memonitor, merecord dan membuat rekomendasi perbaikan  peralatan pabrik dalam kondisi on stream (pabrik beroperasi) maupun dalam kondisi shut down/Turn Around (pabrik tidak beroperasi).

Tugas dan tujuan utama seorang inspector adalah mencari adanya cacat pada material yang di periksa. Dari temuan cacat tersebut dibuatkan rekomendasi perbaikan sesuai dengan standard code yang dipakai dalam industri pabrik.

Selain tugas utama memeriksa peralatan , seorang inspector juga melakukan predictive pengukuran vibrasi / getaran pada peralatan rotating non critical seperti pompa dan turbin yang dilakukan secara berkala .

Apa Syarat Syarat Untuk Menjadi Inspector?

Persyaratan dasar yang harus dimiliki oleh seorang inspektor adalah :

Sehat jasmani dan rohani

Sehat jasmani sangat dibutuhkan bagi seorang inspector, untuk mendukung pekerjaan inspeksi pada equipment yang tinggi seperti menaiki  coloum , pressure vessel dan tanki . Memang ideal nya seorang inspector tidak boleh takut pada ketinggian.

BACA JUGA:  Pengertian, Fungsi, Reaksi Pimary Reformer dan Secondary Reformer

Seorang inspektor juga harus sehat rohaninya, jujur dalam pengambilan data di lapangan dan memberikan informasi secara lisan yang benar sesuai dengan kondisi actual di lapangan.

Sungguh sangat berbahaya bila seorang inspektor  tidak jujur dan melakukan penipuan data karena akan berakibat kerugian yang besar bagi perusahaan.

Dapat berkomunikasi dengan baik dan mengerti bahasa inggris minimal secara pasif.

Komunikasi yang baik dengan lingkungan kerja khusus nya dengan mitra kerja bagian operasi dan maintenance akan memperlancar menyelesaikan tugas tugas pekerjaan  dilapangan.

Kemampuan berbahasa inggris dibutuhkan, karena hampir semua Standard Code menggunakan bahasa Inggris dan juga ada kemungkinan suatu saat nanti seorang inspector ditugaskan untuk melakukan perjalanan keluar negeri untuk tugas belajar atau witness peralatan pabrik yang di beli perusahaan

Mengetahui atau dapat membaca dasar-dasar gambar teknik.

Mengetahui dan dapat membaca/menggambar teknik merupakan syarat dasar bagi seorang inspector dalam tugas keseharian dalam bekerja.

Tanpa mengetahui dasar-dasar menggambar  teknik akan sangat sulit bagi inspektor untuk bekerja di lapangan dan merekomendasikan perbaikan jika ada peralatan yang rusak.

Bentuk gambar yang sering dipakai dan penting diketahuai  saat bekerja seabagai inspektor , seperti gambar isometric, P&lD , Flow sheet dan gambar equipment lain nya.

Mengetahui pengetahuan dasar tentang Piping, Fitting, Valve, Presure Vessel, Tanki dan Exchanger .

Untuk mempelajari tentang jenis-jenis Piping, Fitiing dan Valve  bisa dibaca dibuku ANSI B.16 , Trouvey Covi dan untuk mengetahui jenis-jenis Pressure Vessel di  buku  hand book Pressure Vessel  dan ASME VIII , exchanger di buku TEMA, Tanki dapat di baca di standard API  dan bisa juga dengan membaca  literature lain nya yang ada di perpustakaan Departemen Inspeksi Teknik

BACA JUGA:  Standar Code yang digunakan Oleh Inspector Pabrik

Pengetahuan dasar Vibrasi peralatan rotating

Inspektor lapangan selain melakukan monitoring peralatan statik juga melakukan monitoring vibrasi peralatan rotating non critical seperti , motor, pompa dan  turbin . Oleh karena itu pengetahuan dasar vibrasi perlu dimengerti oleh  seorang inspektor lapangan.

Pengetahuan dasar material

Peralatan pabrik banyak yang menggunakan berbagai ragam jenis material seperti carbon steel, steanless steel, alloy steel dan sebagai nya.

Dimana jenis jenis material tersebut mempunyai sifat metalurgis dan sifat mechanical yang berbeda-beda dan digunakan sesuai dengan media dan lingkungan yang berbeda pula.

Karena itu, sangat dianjurkan kepada setiap inspekcor untuk memahami dasar pengetahuan material agar nanti tidak salah dalam mengidentifikasi atau menganalisa  masalah dan membuat rekomendasi perbaikan.

Peralatan Peralatan Yang dibutuhkan Seorang Inspector

Dalam melaksanakan tugas keseharian nya , peralatan yang umumnya dibutuhkan saat bekerja dilapangan untuk seorang Inspektor adalah :

  1. Alat tulis , seperti ballpoint atau pensil
  2. Note book
  3. Alat ukur seperti, jangka sorong, meteran
  4. Senter
  5. Miror
  6. Alat magnetic
  7. Kaca pembesar
  8. Kamera

Keterampilan Penunjang yang Dibutuhkan Seorang Inspector

Didalam menunjang pekerjaan Inspeksi dilapangan , seorang Inspektor membutuhkan  pula keterampilan yang bersertifikasi untuk  menggunakan alat uji tanpa rusak maupun merusak yang biasa disebut di dalam dunia industry adalah NDT (Non Destructive Test) dan DT (Destructive Test)  dan pada tingkatan yang paling tinggi seorang Inspektor wajib memiliki sertifikat WI (Welding Inspector) dan WE (Welding Engineer).

Keterampilan-keetrampilan bersertifikasi ini dapat dipelajari dengan mengikui training pada lembaga yang berkompeten seperti B4T di Bandung.

Keterampilan yang dibutuhkan Inspektor :

  1. Dapat menggunakan dan membaca alat ukur, seperti meteran, jangka sorong , dsb
  2. Memiliki keterampilan melakukan pekerjaan Non destructive Material seperti Penetrant Testing  (PT) dan Magnetic Partical Testing (MPT), Radiography (sekedar mengerti prinsip kerja OR)
  3. Dapat menggunakan dan membaca alat Brinel Hardness (DT)
  4. Dapat menggunakan dan memabaca alat Alloy Analiser Material
  5. Dapat menggunakan Holiday Detector
  6. Dapat menggunakan computer program Microsoft Word dan Excel
  7. Dapat Menggunakan alat ukur vibrasi CSI 2000

Best Deal

Catatan Terbaru Lainnya

Originally posted 2019-02-23 14:33:50.