Tugas, ilmu dan Sikap seorang inspector Pabrik

Tugas, ilmu dan Sikap seorang inspector Pabrik  – Dalam dunia industri kimia peran seorang inspektor sangat dibutuhkan untuk mensupport departement operasi dalam menjalankan pabrik  agar seluruh peralatan pabrik beroperasi dalam kondisi baik dan aman.

Apa Tugas Seorang Inspektor Pabrik?

Dalam pengertian mensupport disini adalah seorang inspektor dalam tugas keseharian nya , memonitor, memeriksa, merecord dan membuat rekomendasi perbaikan peralatan bila ditemukan ada masalah / kerusakan pada peralatan  baik dalam kondisi on stream (pabrik  beroperasi ) dan off stream ( pabrik mati )

BACA JUGA:  Tahapan pemeriksaan peralatan di pabrik oleh Inspector

Selain membuat rekomendasi perbaikan , seorang inspektor juga kadang diminta untuk mengawasi pelaksanaan pekerjaan agar tidak ada penyimpangan saat pelaksanaan dengan isi rekomendasi yang dikeluarkan.

Sikap Yang Harus Dimiliki Seorang Inspector?

Seorang Inspektor dituntut untuk bersikap tegas dalam mengambil keputusan , sesulit apapun masalah yang dihadapi . Keputusan seorang Inspektor harus bersifat hitam putih tidak ada istilah kelabu . Hanya ada dua kata keputusan yang diambil seorang Inspektor “ Diterima “ atau “ Ditolak “ ( Accepted or Rejected) .

Dengan berjalan nya waktu , umur pabrik juga semakin tua sehingga dibutuhkan juga pengawasan dan perawatan setiap peralatan pabrik  dengan extra ketat , agar pabrik tidak terjadi break down yang dapat mengalami kerugian financial yang sangat besar.

Ilmu yang Harus Dikuasai Seorang Inspector Pabrik

Untuk menjaga agar performance pabrik selalu baik  , disinilah peran Inspektor di tuntut untuk menguasai disiplin ilmu tentang inpeksi peralatan pabrik seperti standard code, gambar teknik, ilmu pengetahuan bahan , piping system, pressure vessel, storage tank dan sebagainya .

BACA JUGA:  Pengertian Fungsi, Jenis, dan Cara Kerja Valve di Industri

Pegangan Yang Harus di Ingat Oleh Inspector Pabrik

Ada dua ungkapan yang menjadi pegangan bagi seorang Inspektor dalam melaksanakan pekerjaan :

  • Tidak ada material yang sempurna , pasti ada cacat nya
  • Melihat satu kali lebih baik dari pada mendengar seribu kali

Cari Catatan Disini

Best Deal

Catatan Terbaru Lainnya

Originally posted 2019-02-23 11:22:25.