Home Bisnis Peluang Bisnis LANGKAH MEMBUKA BISNIS USAHA PENJUALAN PULSA

LANGKAH MEMBUKA BISNIS USAHA PENJUALAN PULSA

(Last Updated On: February 10, 2019)

Langkah Membuka Bisnis Usaha Penjualan Pulsa – Dari awal muncul handphone terbukti pulsa tidak pernah turun permintaan dari konsumen malah semakin bertambah dan merambah ke paket data dan perdana kuota.

Walau keuntungan per paket cukup murah di antara 500 rupiah sampai 2000 rupiah, namum bila kita tekuni, tidak mengecewakan pelanggan, pembukuan keuangan tertib, perencanaan binis yang matang sampai sudah dikenal dan mempunyai nama didaerah sekitar ternyata keuntungannya tidaklah sedikit.

Modal Deposit Pulsa

Sebelum membuka langkah pertama ialah menyiapkan modal untuk deposit pulsa. Tidak perlu banyak cukup dengan 500 ribu sampai satu juta cukup untuk terus diputar

Menentukan Dealer Pulsa untuk Tempat kita Deposit Pulsa

Banyak Pilihan yang bisa kita pilih sebagai dealer pulsa kita, mulai mencari counter grosir besar di kota yang menerima deposit via transfer, input kode pengisian pulsa sudah bisa lewat aplikasi chatting seperti telegram sehingga tidak lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk sms saat menginput kode pengisian pulsa untuk konsumen dan tentunya jaringan stabil tidak sering mengalami gangguan

Selain Counter offline kita juga bisa memilih mendepositkan pulsa kita ke program mitra market place yang sudah banyak menjual produk digital seperti pulsa, paket data, token listrik, pdam, bpjs, dll.

contoh yang terkenal yaitu Bukalapak dan Tokopedia, selain di marketplace anda juga bisa mencoba mendepositkan ke aplikasi google play yang memang khusu untuk menjual produk digital seperti paytren, kudo dan lain lainnya

Jangan Lupa untuk mensurvey pengalaman pengalaman penjual yang telah memakai marketplace atau aplikai google play bisa dicari langsung via pencarian google dan dicek kemudahan tampilan, penggunaan, dan sistem deposit masing masing marketplace dan aplikasinya

Jika memiliki dana lebih bisa juga membangun server pulsa sendiri. karena dengan membangun pulsa sendiri tentu memerlukan perangkat yang perlu diinstall seperti komputer yang lengkap, modem server, UPS dan software pulsa.

Keuntungan dengan server pulsa adalah kita tidak hanya menjadi agen yang menjual pulsa pulsa dealer, tapi kita bisa menjadi dealer dan memiliki agen agen sendiri

 

Biaya data untuk paket data Internet

Jangan Lupa, untuk mengisi pulsa baik via counter, marketplace maupun aplikasi android, handphone kita perlulah bisa internetan sehingga jangan lupa mengisi paket data handphone yang dipakai untuk jualan pulsa.

BACA JUGA:  Langkah Langkah Membangun Bisnis Usaha Fotocopy dan Printing

Beruntunglah jika di counter kita bisa terhubung dengan wifi, jika tidak maka pilihlah jaringan internet yang paling lancar di daerah kita dan jika ada pilihlah yang paket unlimited penggunaan aplikasi.

Handphone khusus penjualan Pulsa

Carilah handphone android yang murah yang bpenting bisa internetan dan lancar menggunakan aplikasi chatting maupun aplikasi penjualan pulsa. jangan mencampur handphone pribadi dengan penjualan pulsa sehingga kita tidak membuang buang paket pada hp android yang dipakai untuk jualan pulsa

Jangan mengandalkan satu server saja

Bagilah modal deposit pulsa kita agar kita bisa memakai tidak hanya satu server saja, karena tidak akan pernah namanya jaringan tidak pernah mengalami gangguan, sehingga wajib bagi kita untuk memakai minimal dua macam dealer pulsa misal pilihan utama marketplace untuk jaga jaga kita juga mendepositkan ke counter grosir pulsa.

Penentuan Harga Pulsa

Jika sudah memilih dealer yang memiliki kualitas oke dan prima untuk usaha counter hp dan pulsa Anda, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas usaha counter hp dan pulsa Anda.

Penetapan harga biasanya ditentukan oleh harga beli dari dealer yang Anda pilih tersebut. Selain itu penetapan harga juga dilihat dari harga pasaran yang berlaku. Di sini Anda boleh saja memasang harga dibawah pasaran, namun harga tersebut jangan sampai membuat usaha Anda menjadi rugi karena salah perhitungan.

Memang bersaing dengan harga yang murah itu akan menarik perhatian konsumen, namun jika Anda hanya memasang harga yang murah saja tanpa diimbangi pelayanan yang baik maka hasilnya pun akan menjadi percuma dan akan membuat pelanggan Anda menjadi tidak percaya lagi terhadap usaha counter hp dan pulsa Anda.

Jadi bersikap realistislah saat menetapkan harga yang akan Anda berikan kepada konsumen. Caranya yaitu dengan menghitung semua modal mulai dari harga pokok, ongkos pergi ke dealer sampai maintenance yang Anda keluarkan. Dengan demikian, usaha counter hp dan pulsa Anda pun akan lancar dan terhindar dari sebuah kerugian

Tempat dan Lokasi Counter

Untuk bisnis jangka panjang perlu kita memiliki tempat counter kita sendiri. Jika memilih membuka tempat counter bisa sewa tempat kecil kecilan atau memanfaatkan garasi depan rumah kita.

untuk tempat yang strategis untuk membuka counter tentu yang di pinggir jalan dengan jalur lambat, tidak macet, banyak pejalan kaki, jika bisa carilah tempat di ujung pertigaan atau perempatan jalan dari yang saya amati selama ini counter counter yang berada di perempatan selalu ramai, bisa bertahan dan berkembang.

BACA JUGA:  3 Peluang Bisnis Everlasting Yang Tetap Menjanjikan

Jika pertama ingin mencoba hanya jualan pulsa saja tidak ingin membuka tempat usaha counter, bisa kita hanya menjual ke keluarga, kerabat, teman kumpul, teman kerja, temen sekolah atau teman kuliah.

Perlengkapan dan Peralatan tempat usaha

Khusus untuk Anda yang ingin menjalankan usaha konter pulsa secara serius, sebelum konter pulsa Anda buka, Anda sebaiknya juga melengkapi konter pulsa Anda dengan berbagai macam perlengkapan pendukung, seperti beberapa diantaranya adalah:

  • baner untuk promosi,
  • etalase kaca,
  • SIM Cutter,
  • tatakan kartu perdana,
  • kartu perdana biasa
  • kartu perdana kuota

Untuk yang memiliki dana lebih bisa menggabungkan dengan aksesoris android beserta casing dan aksesoris kecil kecilan untuk perlengkapan laptop, atau handphone bekas maupun yang baru, untuk promosi bisa menambahkan Running Text Moving Sign LED.

Usaha lain yang cocok di gabungkan dengan Usaha pulsa

berikut usaha usaha yang cocok digabungkan dengan usaha penjualan pulsa baik sebagai usaha utama atau sekedar penambah

  • Fotocopy
  • ATK
  • PRINTING
  • Supermarket
  • Klontong
  • Grosiran sembako
  • Jual laptop dan servicenya
  • Penjualan Handphone beserta servicenya
  • Aksesoris dan casing HP
  • Aksesori Laptop dan PC
  • Warnet

Promosi Usaha Pulsa

Seperti pada usaha usaha yang lainnya promosi adalah bagian yang terpenting bagi usaha jangan pelit untuk mengeluarkan biaya untuk promosi.

yang Paling murah adalah promosi dari mulut ke mulut dari keluarga kita, kerabat, teman kumpul, teman sekolah maupun teman kuliah. Jangan lupa untuk menyusun tempat usaha dengan rapi, bersih, tempat duduk, pencahayaan serta warna dinding yang menarik.

Sering sering untuk melakukan promo harga untuk paket paket pulsa maupun aksesoris aksesoris yang kita jual di counter

Yang pasti tidak ketinggalan adalah spanduk banner untuk nama counter kita, banner untuk promosi barang barang yang di jual, jika perlu memasang Running Text Moving Sign LED untuk menampilkan harga harga promo.

Biar mudah diingat dan dikenal maka Operasionalkan jam kerja anda lebih panjang. Ini biasanya jarang diperhatikan, masalah jam buka dan tutup toko.

Kalau ingin sukses bukalah konter pulsa lebih pagi misalnya jam 06.00 dan tutup paling malam misal jam 24.00, Lebih sip lagi 24 jam nonstop !! Intinya semakin pagi buka dan semakin lama menutup dan disiplin maka akan mudah counter kita diingat dan dikenal masyarakat sekitar

Jangan lupa untuk mempromosikan tempat usaha pulsa anda via aplikasi Google Bisnisku, promosikan jualan pulsamu via status di aplikasi chatting maupun social media, jika anda juga menjual aksesoris buatlah website ecommerce atau jual juga aksesoris tersebut kedalam market place, facebook page,  twitter, maupun instagram lebih hebat lagi mempromosikan usaha pulsamu lewat youtube dengan video yang menarik dan kreatif.

BACA JUGA:  Peluang Usaha Warteg Kekinian dengan Omset Menggiurkan

Jangan Lupa dengan jelas mencantumkan alamat counter kita dan nomor telephone

Selalu Ramah Pada Pelanggan

Pembeli Pulsa adalah Raja. Ini sangat penting memperlakukan pelanggan dengan rasa hormat siapapun dia, tua muda sekalipun anak kecil. Pelanggan akan senang diperlakukan dengan sopan, ramah dan lembut apalagi kalau anda seorang yang humoris.

Senyum adalah bahasa persahabatan yang mudah dimengerti semua orang. Semua orang akan terlihat menarik ketika mereka senyum. Senyuman ibarat magnet, dapat menjadikan banyak pelanggan setia.

Garansi uang kembali 100% jika pulsa gagal masuk. Jika anda sudah mengecek ke distributor dan pulsa gagal masuk, maka sebaiknya anda tawarkan solusi lain misal ganti voucher, kembali uang, atau di isi kembali nanti (Resend).

Ingat ! Jika pelanggan puas akan layanan anda, akan menarik pelanggan-pelanggan lainnya. Sebaliknya pelanggan yang kecewa akan menghambat bahkan menghilangkan calon pelanggan baru

Berikan reward. Khusus bagi pelanggan setia berikan hadiah kecil berupa souvenir. Gunakan momen lebaran, natal atau tahun baru untuk hal ini. Reward kecil ini bisa menjadikan mereka loyal dan menjadi pelanggan setia

Disiplin dalam Pembukuan

Catatan pembukuan kecil sangat penting untuk setiap transaksi penjualan voucher pulsa baik pulsa elektronik maupun voucher pulsa fisik.

Hal ini untuk mengetahui laba, rugi dan pengeluaran lain-lain setiap bulannya. Ini sangat berguna untuk memudahkan pengecekan ketika terjadi error atau gangguan dari provider/distributor pulsa.

Kapan Usaha Penjualan Pulsa bisa terlihat hasilnya?

Peningkatan hasil atau laba biasanya baru bisa dirasakan antara 6 – 12 bulan. Menurut pengalaman pada bulan ke-6 peningkatan laba usaha pulsa bisa mencapai 400%, Namun itu tergantung dari lokasi counter dan kerja keras dari si pelaku usaha

Harus berani katakan tidak pada hutang

Sebenarnya Anda boleh saja memberikan hutang kepada konsumen. Namun disarankan Anda hanya memberikan hutang kepada orang-orang yang bisa di percaya saja dalam hal membayar.

Hal ini dikarenakan, banyak pengusaha counter pulsa dan hp yang gulung tikar akibat dari banyaknya konsumen yang menghutang tersebut. Maka dari itu, sebagai pemilik usaha counter hp dan pulsa Anda harus tegas dalam memberikan batas kepada konsumen Anda.

 

Catatan Terkait Lainnya